Artikel

Sertifikasi Akuntansi yang Akan Menunjang Karir Anda
Admin - Senin, 23 Oktober 2017

Karir cemerlang, pekerjaan yang prestisius, dan gaji yang besar tentu menjadi impian bagi para fresh graduate. Hal ini sudah lazim terjadi dan diamini di seluruh jurusan kuliah, termasuk akuntansi.

Akan tetapi, persaingan kerja sekarang semakin ketat. Tidak hanya pada proses rekrutmen perusahaan-perusahaan besar, mereka yang memutuskan untuk bekerja secara independen pun memiliki tantangan serupa. Lalu, adakah jalan keluar untuk keadaan ini?

Tentu saja ada, yakni dengan memiliki sertifikasi. Dengan memiliki sertifikasi, Anda berarti telah dianggap mampu dan cukup profesional untuk melakoni bidang tersebut. Perusahaan dan publik pun tentu akan memilih bekerja sama dengan mereka yang telah mendapat pengakuan profesionalisme resmi. Ujung-ujungnya, pendapatan yang akan diperoleh juga akan naik mengikuti.

Karena itu, bagi Anda lulusan akuntansi, lengkapi diri Anda dengan berbagai sertifikasi ini. Meski harus ada biaya dan waktu yang dikeluarkan, hasilnya tidak akan mengecewakan bagi karir Anda. Lagipula, Anda tidak perlu mengikuti seluruh sertifikasi berikut ini. Pilih saja yang sesuai dengan kemampuan atau minat Anda.

1. Certified Public Accountant (CPA)

Awalnya, sebutan untuk sertifikasi ini di Indonesia adalah Bersertifikat Akuntan Publik alias BAP. Namun kini, istilah BAP sudah digantikan dengan CPA, sama dengan hampir seluruh negara yang ada di dunia. Namun, sertifikasi ini biasanya hanya berlaku di sebuah negara saja (tergantung di mana Anda mengikutinya) sebab regulasinya mengacu pada undang-undang di setiap negara.

Untuk mendapatkan CPA, anda harus lebih dulu memiliki gelar sebagai seorang akuntan dan lulus Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP). Adapun pihak yang mengeluarkan sertifikasi ini di Indonesia adalah IAPI (Ikatan Akuntan Publik Indonesia). Bila telah mengantongi sertifikat ini, Anda berhak untuk membuka kantor akuntan publik sendiri dan mengejar karir independen.

2. Certified Financial Analyst (CFA)

Salah satu karir dalam akuntansi yang cukup bergengsi dan bonafide adalah analis keuangan. Perjalanannya pun cukup panjang dan tidak mudah. Namun tentu saja, hasil yang didapatkan sepadan dengan usaha yang dikeluarkannya dalam mencapai karir ini.

Anda harus melengkapi diri dengan CFA jika ingin menjadi seorang analis keuangan. Sertifikasi ini merupakan sertifikasi profesional yang memiliki gengsi sangat tinggi di kalangan analis keuangan dan investasi. Dikeluarkan oleh CFA Instistue, Anda harus lebih dulu memiliki pengalaman kerja setidaknya empat tahun dan lulus tiga level ujian.

3. Certified Internal Auditor (CIA)

Bila Anda bercita-cita menjadi seorang auditor internal, bekali diri dengan sertifikasi yang masih menjadi primadona di lingkungan internal auditor ini. CIA sendiri dikeluarkan oleh The Institute of Internal Auditor (IIA) yang berpusat di Florida, Amerika Serikat. Di samping itu, lembaga profesi ini juga memiliki keanggotaan di seluruh dunia, termasuk cabangnya yang terstruktur. Dengan demikian, sertifikat yang dikeluarkannya pun berlaku internasional.

Di Indonesia, ada tiga lembaga yang melakukan persiapan ujian ini, yakni Pusat Pengembangan Akuntansi UI, Yayasan Pendidikan Internal Auditor, dan Binus Business School. Adapun tes yang dilakukan oleh setiap peserta terdiri dari empat level dan dilakukan secara online. Yang melegakan, ujian sertifikasi ini juga sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.

4. Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS)

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, keuangan berbasis syariah menjadi hal yang cukup populer. Tak hanya dunia perbankan, pendidikan ekonomi berbasis syariah pun semakin menjamur.

Bagi Anda yang ingin berkarir di lingkungan ini, USAS bisa menjadi bekal yang cukup menjanjikan. Sertifikasi ini sendiri adalah sebuah strategi pengembangan keilmuan dan keahlian dalam bidang akuntansi syariah sesuai dengan perkembangannya di Indonesia sendiri. 

Selain empat sertifikasi ini, ada banyak sertifikasi dalam bidang akuntansi lainnya yang bisa Anda ikuti seperti CMA, CPMA, EA, CISA, CGAP, CFE, CBA, CFP, CRM, dan masih banyak lagi. Setidaknya, pilih satu sebagai modal awal Anda untuk meniti karir dalam bidang akuntansi yang cemerlang nanti.

Selamat mencoba! 

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

bb 0852 1338 0682
email amz.kelas@gmail.com

daftar online

testimoni peserta

Artikel Update
Sign Up for Newsletter



 
Copyright © 2015-2017 Kursus Akuntansi All Rights Reserved