Artikel

Pertanyaan yang Wajib Diajukan Saat Bekerja dengan Akuntan
Admin - Selasa, 25 Juli 2017

Seorang akuntan profesional dibutuhkan oleh perusahaan karena mereka bisa memberi saran terkait anggaran dan mengurus pajak agar perusahaan bisa berkembang dengan baik. Mereka juga akan menyelesaikan berbagai permasalahan keuangan sehingga perusahaan terhindar dari kerugian dan terancam bangkrut.

Meski akuntan bisa menyelesaikan banyak masalah keuangan, pemilik perusahaan atau Anda tidak boleh cuek dengan keadaan. Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa akuntan yang disewa bekerja dengan baik. Berikut daftar pertanyaannya.

1. Bagaimana Anda Membantu Kami Menyiapkan Pajak Tahunan?

Perusahaan besar memiliki pajak yang cukup rumit. Ada banyak sektor yang harus diurus sehingga mengandalkan pegawai saja tidak akan selesai. Untuk itu, Anda bisa menyewa akuntan yang kredibel untuk mengatasi permasalahan ini dengan cepat dan tepat waktu.

Akuntan profesional akan mampu menjelaskan bagaimana cara dia bekerja untuk mengurus pajak sebuah perusahaan dengan benar. Dengan mengetahui bagaimana akuntan bekerja, Anda tidak akan memiliki keraguan dengan cara kerja mereka.

2. Bagaimana Saya Menghubungi Anda dengan Cepat?

Sekilas pertanyaan ini terlihat biasa saja, tapi cukup membantu Anda kalau ada masalah saat jam-jam genting. Dengan memiliki komunikasi yang baik dengan akuntan, segala permasalahan yang muncul bisa segera diselesaikan. Anda bisa segera mendapatkan nasihat atau saran dari akuntan tanpa bertemu terlebih dahulu.

3. Apa yang Bisa Saya Tanyakan?

Tidak semua pemimpin perusahaan tahu job desc dari seorang akuntan. Yang mereka tahu, akuntan yang disewa hanya mengurus hal-hal terkait dengan keuangannya. Padahal, masalah keuangan sangat luas dan cukup rumit untuk perusahaan yang skalanya besar.

Untuk itu, tanyakan kepada akuntan apa saja yang bisa ditanyakan. Dengan mengetahui hal-hal yang dipahami atau dikerjakan oleh akuntan, konsultasi bisa berjalan lebih lancar dan masalah keuangan perusahaan bisa segera diselesaikan.

4. Bagaimana Anda Membantu Perusahaan agar Lebih Maju?

Akuntan yang hebat tidak hanya mengatasi permasalahan keuangan dan pajak saja. Mereka juga bisa memberikan pandangan dari sisi finansial terkait dengan potensi perusahaan agar bisa maju dan akhirnya membesarkan jaringan.

Anda bisa menanyakan kepada akuntan apakah perusahaan butuh suntikan dana, pekerja baru, atau properti. Mereka juga bisa menganalisis perlu atau tidaknya perusahaan mengambil kebijakan. 

5. Apakah Anda Bisa Mencegah Bocornya Anggaran?

Anda bisa menanyakan apakah akuntan bisa mencegah Anda melakukan pemborosan anggaran pada perusahaan. Akuntan yang Anda sewa biasanya akan menjelaskan bagaimana cara mendeteksi anggaran tidak perlu sehingga perusahaan bisa lebih hemat.

6. Berapa Nilai Perusahaan Saya?

Akuntan yang Anda sewa sudah seharusnya bisa memperkirakan berapa nilai dari perusahaan dilihat dari omzet, keuntungan, hingga aset. Dengan melihat nilai dari perusahaan, Anda bisa membuat strategi atau kebijakan untuk memajukan perusahaan dengan tepat sasaran.

Inilah beberapa pertanyaan yang bisa diajukan ketika bekerja dengan akuntan. Pertanyaan di atas bukanlah wujud rasa tidak percaya perusahaan, tapi hanya untuk memastikan kinerja akuntan agar manfaatnya lebih maksimal.

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

telp 0852 1338 0682
bb 0852 1338 0682
bb 5E9BB838
email amz.kelas@gmail.com

daftar online

testimoni peserta

Artikel Update
Sign Up for Newsletter



 
Copyright © 2015-2017 Kursus Akuntansi All Rights Reserved