Artikel

Peran Akuntan Dalam Mencegah Krisis Ekonomi
Admin - Kamis, 15 Oktober 2015

Krisis ekonomi merupakan permasalahan yang bisa dihadapi oleh negara mana saja di dunia. Terlebih saat ini dimana ekonomi global sedang mengalami guncangan karena berbagai faktor. Salah satu contohnya adalah Yunani. Negara ini merupakan salah satu anggota Uni Eropa, terletak di jantung Eropa dan tentunya merupakan negara yang telah berdiri dengan kuat dalam waktu yang sangat lama. Dengan begitu besarnya nama Yunani, rasanya tidak mungkin jika negara ini mengalami krisis.

Sejak kegagalan negeri tersebut membayar hutangnya kepada IMF yang jatuh tempo pada bulan Juni lalu, negara ini dinyatakan mengalami krisi ekonomi. Hal ini juga menimbulkan tanda tanya bagi para pelaku ekonomi di dunia. Karena Yunani merupakan negara yang besar, seharusnya negara ini memiliki kemampuan yang besar pula dalam mengatur perekonomiannya terutama dalam perhitungan finansial.  

Krisis ekonomi Yunani ini harusnya menjadi peringatan bagi negara-negara lain untuk waspada karena krisis yang sama bisa saja menimpa negara lain, termasuk Indonesia. Praktik akuntansi yang keliru dalam perekonomian negara bisa menjadi penyebab utama krisis. Oleh karena itu, tidak seharusnya praktik akuntansi ini diabaikan begitu saja.

Di Indonesia sendiri, penyimpangan praktik akuntansi masih sering terjadi dalam hal pelanggaran etika profesi akuntan, fraud, transaksi bisnis yang tidak standar, dan penyimpan lainnya. Contohnya saja di dunia audit, kualitas hasil audit di Indonesia tidak dapat dijamin bagus, terutama di sisi regulator, pelaku di industri dan juga profesi. Regulasi yang baru juga tidak membuat hasil audit menjadi lebih baik.

Pengawasan yang tidak maksimal dari pemerintah atau organisasi disalah gunakan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk melakukan praktik kecurangan dengan memperjual belikan laporan hasil audit. Laporan audit yang seharusnya menjadi bukti kebenaran menjadi tidak berguna karena kecurangan yang dilakukan akuntan publik dan orang-orang yang berkepentingan.  

Hal ini menjadi ancaman bahaya bagi bangsa karena perekonomian negara ini dapat terancam oleh praktik kecurangan ini. Regulator harusnya melakukan pengawasan yang lebih ketat dan efektif. Semua organisasi akuntan seharusnya juga melakukan pembenahan agar para akuntan tidak lagi melakukan praktik kecurangan tersebut. Akuntan harus mencari cara untuk menghentikan praktik-praktik semacam ini sebelum semuanya menghancurkan perekonomian Indonesia.

Seorang akuntan yang baik dan profesional merupakan seseorang yang dapat membantu memecahkan masalah dalam pembukuan atau akuntansi ekonomi. Sebaliknya, oknum akuntan yang tidak memiliki integritas dan tidak beretika akan menjadi sesuatu yang dapat membebebani dan bahkan membahayakan perekonomian di negara ini. Semua orang membutuhkan informasi yang valid dari seorang akuntan, terutama dalam hal audit. Ketika hasil audit tidak benar dan dilencengkan untuk membela oknum yang bersalah, maka perbuatan akuntan tak bertanggung jawab semacam ini akan menjadi faktor kehancuran ekonomi negara dalam skala besar.   

Profesi pada seorang akuntan sangat diperlukan dalam menghadapi masalah semacam ini. Dengan profesi ini, transparansi dan integritas seorang akuntan dapat berdiri dengan benar-benar menjaga kode etik sebagai seorang akuntan. Dengan profesi ini pila, semua akuntan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan berkesinambungan sehingga proses yang seharusnya berjalan dalam sistem perekonomian dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diperlukan. Jika semua akuntan dapat bekerja dengan baik dengan praktik-praktik yang jujur dan berkualitas, maka krisis ekonomi  yang sering terjadi belakangan ini dapat ditangani dengan baik dalam jangka panjang.    

Oleh karena itu, sangat penting bagi para akuntan untuk bekerja dengan baik, tidak hanya menguasai semua ilmu akuntansi secara keseluruhan dan penerapannya di dunia kerja, tapi juga tanggung jawab serta budi pekerti yang mengedepankan kejujuran dalam bekerja. Dengan begitu, hasil kerja mereka dapat mengungkapkan kebenaran terutama dalam hal auditing yang berhubungan erat dengan perekonomian negara. Hasil audit yang benar akan mengungkapkan segala bentuk kebenaran, termasuk mereka yang melakukan penyelewengan sehingga kesehatan ekonomi dapat terjaga. Jadi, setiap akuntan harus memiliki kemampuan yang mumpuni, keteguhan hati untuk menjalankan profesi dengan baik, serta mampu menjaga kode etik agar krisis ekonomi tidak lagi mengancam negara ini.

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

bb 0818 100 813
email amz.kelas@gmail.com

Kursus Online
Blog
 
Copyright © 2015-2019 Kursus Akuntansi All Rights Reserved