Artikel

Pentingnya Akuntansi Sederhana untuk Kemajuan Bisnis Online
Admin - Rabu, 19 Juli 2017

Bisnis online adalah salah satu kegiatan bisnis yang sudah terbukti menghasilkan banyak keuntungan. Sistemnya yang sederhana dan menghubungkan penjual dan pembeli tanpa batasan jarak membuat aktivitas ini berjalan dengan cepat dan diminati oleh banyak orang di seluruh dunia.

Meski bisnis online berjalan dengan lancar dewasa ini, ada beberapa masalah pelik yang kerap dialami oleh pelakunya. Permasalahan itu adalah pengelolaan anggaran atau keuangan. Pelaku bisnis amatir sering tidak bisa mengelola uang dengan tepat sehingga bukan untung yang didapat, tapi kerugian.

Agar hal-hal seperti ini tidak terjadi pada bisnis online, Anda atau pelaku usaha harus mulai menerapkan akuntansi sederhana. Mengapa? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pencatat Anggaran yang Dibuat

Dalam menerapkan bisnis online, Anda tidak bisa dengan seenaknya sendiri mengambil uang untuk keperluan bisnis. Semuanya butuh pemikiran yang matang terlebih dahulu. Misal Anda ingin membeli beberapa inventaris untuk kantor. Sebelum membelinya, Anda harus melakukan analisis apakah produk itu dibutuhkan atau tidak, jika dibutuhkan segera lakukan pengajuan anggaran agar bisa dicatat.

Segala aktivitas masuk dan keluarnya uang harus dicatat dengan lebih rinci. Hal ini dilakukan agar uang yang digunakan dalam anggaran tidak sia-sia atau boros.

2. Mengetahui Lalu Lintas Kas Bisnis

Karena sistemnya online, pembayaran akan dilakukan dengan transfer. Setiap hari, Anda atau pegawai yang ditugaskan harus mencatat lalu lintas atau arus kas bisnis. Semua uang yang masuk per harinya harus dicatat dengan benar agar tidak terjadi kekeliruan.

Anda bisa membuat rekening dari beberapa bank yang memudahkan para pembeli atau target pasar untuk membayar. Selanjutnya, pilih bank yang memudahkan Anda melihat mutasi keuangan setiap saat sehingga pencatatan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Dengan mengetahui arus uang masuk ke rekening, Anda bisa mengetahui seberapa besar animo masyarakat dengan produk yang dimiliki. Selain itu, pencatatan ini juga bisa dilakukan untuk mengetahui apakah perusahaan sudah melebihi target omzet atau belum.

3. Mudah Melakukan Audit

Meski bisnis online yang dijalankan belum terlalu besar, tidak ada salahnya melakukan audit? Dengan data akuntansi yang dimiliki, pengecekan bisa dengan mudah dilakukan. Bahkan, Anda bisa mengetahui bagian mana saja yang perlu diperbaiki atau kesalahan apa saja yang sering terjadi,

4. Landasan Mengambil Keputusan

Dari data akuntansi sederhana yang dibuat, Anda akan tahu produk mana saja yang sekiranya laris di pasaran. Selanjutnya, Anda juga bisa menentukan produk mana yang tidak begitu disukai masyarakat sehingga bisa mengambil beberapa keputusan. Misal hanya menjual barang yang laku dan menghentikan penjualan barang yang lain.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengetahui seberapa banyak pesanan yang masuk sehingga bisa mempertimbangkan perekrutan pegawai atau tidak.

Dari empat hal di atas terlihat jelas bahwa akuntansi apa pun bentuknya tetap penting untuk menjalankan usaha. Bahkan bisa memajukan usaha menjadi lebih besar.

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

telp 0852 1338 0682
bb 0852 1338 0682
bb 5E9BB838
email amz.kelas@gmail.com

daftar online

testimoni peserta

Artikel Update
Sign Up for Newsletter



 
Copyright © 2015-2017 Kursus Akuntansi All Rights Reserved