Artikel

Mengenal Jenis - Jenis Audit dan Ruang Lingkup Auditor
Admin - Senin, 13 November 2017

Akuntansi dan audit adalah hal yang sangat berakitan erat. Dalam dunia kerja pun, lulusan program studi akuntansi berlomba-lomba mengerjar karir menjadi seorang auditor. Di samping profesinya yang bergengsi, auditor juga memiliki pendapatan yang relative menggiurkan terutama jika memiliki sertifikasi penunjang seperti CIA.

Namun sebenarnya, apa yang dimaksud dengan audit dan bagaimana ruang lingkup seorang auditor?

1. Jenis-jenis Audit

Audit berarti pemeriksaan. Dalam konteks akuntansi, audit merupakan pemeriksaan yang berkaitan dengan berkas dan laporan keuangan sebuah organisasi atau institusi.

Jenis-jenis Audit Berdasarkan Bidang yang Diperiksa

  • Audit Operasional

Audit ini melakukan pemeriksaan terhadap kegiatan operasional yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Adapun hal-hal yang tercakup di dalam audit operasional adalah kebijakan akuntansi dan operasional manajemen yang telah ditetapkan. Auditor akan memeriksa apakah kegiatan operasional sudah berjalan sesuai dengan koridornya secara efektif dan efisien.

  • Audit Laporan Keuangan

Seperti namanya, audit keuangan berarti melakukan evaluasi terhadap laporan sebuah entitas dalam organisasi atau instansi. Boleh dibilang, audit laporan keuangan merupakan jenis audit yang cukup sensitif dan mendebarkan. Auditor akan mengecek kesesuaian antara data-data di dalam laporan dan data-data riil untuk menghasilkan sebuah pendapat apakah laporan tersebut telah sesuai atau belum sesuai prinsip-prinsip yang berlaku.

  • Audit Ketaatan

Audit keuangan bertujuan untuk mengetahui apakah organisasi atau institusi sudah menjalankan kegiatannya sesuai dengan aturan yang berlaku atau tidak. Aturan yang harus dipenuhi pun tidak hanya berasal dari internal organisasi atau instistusi, tetapi juga dari eksternal seperti aturan pemerintah.

  • Audit Sistem Informasi

Di era digital ini, akuntansi pun turut memanfaatkan kehadiran teknologi. Kantor Akuntan Publik (KAP) akan melakukan pemeriksaan terhadap organisasi atau institusi yang melakukan proses data akuntansi pada sistem EDP.

Dalam proses audit ini pun, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Auditor harus mampu menjaga kerahasiaan data dan melindungi komputer dari berbagai sisi seperti modifikasi data, akses dari phak yang tidak memiliki otoritas, dan sebagainya.

Selain empat jenis ini, ada jenis audit lainnya yang dilakukan, yakni audit lingkungan, audit forensik, dan audensi investigasi.

Jenis-jenis Audit Berdasarkan Luas Pemeriksaan

  • Pemeriksaan Umum

Audit ini dilakukan atas laporan keuangan yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik yang independen.

  • Pemeriksaan Khusus

Audit ini dilakukan atas permintaan audit secara khusus oleh Kantor Akuntan Publik.

2. Jenis-jenis Auditor

Saat memutuskan untuk menjadi auditor, Anda sebaiknya sudah tahu jenis audior apa yang akan dipilih. Pasalnya, auditor pun ada beberapa jenisnya seperti berikut ini.

  • Auditor Internal

Menjadi seorang auditor internal berarti Anda begabung dalam sebuah organisasi dan instansi, lalu mengawasi kegiatan operasional serta aset organisasi atau instansi tersebut. 

  • Auditor Eksternal

Kebalikan dari auditor internal, Anda justru tidak berasal dari organisasi atau institusi yang akan diaudit. Anda tergabung dalam kantor akuntan publik sebagai pihak ketiga yang bekerja secara objektif dan independen.

  • Auditor Pajak

Jelas seperti sebutannya, auditor pajak berhubungan dengan hal-hal yang menyangkut perpajakan. Auditor pajak akan melakukan audit tentang ketaan wajib pajak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

  • Auditor Pemerintah

Auditor pemerintah jelas berkarir untuk melakukan audit terhadap kewajaran informasi keuangan yang ada pada aset milik pemerintah. Tim auditor pun biasanya berasal dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) atau BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan). 

Nah, itulah informasi seputar audit beserta jenis-jenisnya lengkap dengan ruang lingkup auditornya. Semakin tertarik untuk berkarir sebagai auditor? 

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

bb 0852 1338 0682
email amz.kelas@gmail.com

daftar online

testimoni peserta

Artikel Update
Sign Up for Newsletter



 
Copyright © 2015-2017 Kursus Akuntansi All Rights Reserved