Artikel

Kelebihan Aplikasi Akuntansi Berbasis Cloud untuk UMKM
Admin - Selasa, 5 Sepember 2017

Selama ini pelaku UMKM banyak yang tidak acuh dengan sistem akuntansi. Yang mereka pikirkan hanyalah bagaimana cara mendapatkan keuntungan berlipat, memajukan usaha,  dan mengenalkan produk atau merek agar lebih dikenal oleh masyarakat. Selebihnya, mereka hanya akan melakukan akuntansi biasa seperti melakukan pencatatan sederhana.

Sistem akuntansi sederhana  yang dilakukan oleh pelaku UMKM tersebut sudah seharusnya tidak dilakukan lagi. Mereka tidak akan mampu melakukan pencatatan secara manual kalau perusahaan membesar. Mau tidak mau pelaku UMKM harus menyewa jasa akuntan atau menggunakan aplikasi akuntansi yang memiliki banyak fungsi.

Nah, kalau Anda adalah pelaku UMKM atau seorang akuntan, coba simak beberapa kelebihan aplikasi akuntansi berbasis cloud atau online di bawah ini.

1. Memiliki Sistem yang Cerdas

UMKM bukanlah perusahaan besar yang mampu menyewa akuntan ternama untuk menyelesaikan setiap masalah keuangannya. Kalau keuangan perusahaan mulai banyak, mau tidak mau, pelaku UMKM harus membagi kerja agar semua orang membantu pencatatan.

Dengan aplikasi akuntansi berbasis online, semua orang bisa mengakses dengan mudah. Siapa saja yang diberi tugas untuk mengurus bagian keuangan bisa menginputkan data dengan cepat dan terstruktur. Data yang dimasukkan dalam aplikasi biasanya bisa dalam bentuk teks, foto, hingga dokumen.

Aplikasi akuntansi juga memiliki sistem pencarian untuk tanggal, jumlah barang, hingga vendor atau klien yang melakukan transaksi.

2. Mudah Melakukan Pengecekan Keuangan

Masalah terbesar dari perusahaan adalah keuangan. Kalau sistem akuntansinya buruk akan banyak anggaran yang tidak tercatat dan berpotensi merugikan perusahaan. Untuk itu, aplikasi akuntansi berbasis cloud dibutuhkan untuk menyimpan apa saja terkait dengan keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran.

Kalau suatu saat ada masalah, aplikasi ini bisa digunakan untuk mencari mana yang harus diperbaiki. Pelaku UMKM tidak perlu lagi membuka catatan pembukuan hingga mencari satu per satu nota atau faktur. Melalui aplikasi, mereka cukup mencari berdasarkan tanggal agar pencarian bisa dipersempit dan kesalahan bisa segera ditemukan.

Metode pencarian juga bisa menghindari adanya penipuan dari beberapa pihak. Misal Anda sudah melakukan pembayaran, tapi dianggap belum padahal sudah ada catatannya.

3. Aman dan Minim Manipulasi

Aplikasi akuntansi berbasis cloud bisa diakses secara online di mana saja oleh siapa saja yang diberi akses. Sistem ini bisa menghindari kecurangan atau manipulasi. Semua orang bisa melakukan pengecekan harian sehingga kalau ada yang aneh bisa terlihat dengan jelas dan segera diberi tindakan.

Selain mencegah manipulasi, aplikasi ini juga juga aman digunakan. Cloud yang menjadi basis data memiliki sistem pengamanan tingkat tinggi. Kerahasiaan dari data akuntansi perusahaan bisa terjaga sehingga tidak bisa dicuri dan digunakan untuk hal-hal yang tidak benar. 

Demikianlah uraian kelebihan aplikasi akuntansi berbasis cloud untuk UMKM. Semoga bisa menambah informasi dan bisa dijadikan rujukan.

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

telp 0852 1338 0682
bb 0852 1338 0682
bb 5E9BB838
email amz.kelas@gmail.com

daftar online

testimoni peserta

Artikel Update
Sign Up for Newsletter



 
Copyright © 2015-2017 Kursus Akuntansi All Rights Reserved