Artikel

Cara Efektif Belajar Akuntansi
Admin - Senin, 12 Oktober 2015

Seorang ahli akuntansi atau akuntan merupakan orang yang dibutuhkan banyak perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Seorang akuntan akan bertanggung jawab atas semua laporan keuangan yang juga menunjukkan seberapa jauh perusahaan tersebut mengalami perkembangan. Akan tetapi, tidak semua akuntan dapat melakukan tugasnya dengan baik di dalam setiap perusahaan. Berbagai tugas akuntansi yang kompleks sering kali membuat mereka kesulitan hingga hasil laporan keuangan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan atasan. Karena masalah semacam ini, perusahaan sering kali menggunakan jasa akuntan profesional untuk membuat laporan keuangan yang dibutuhkan.  

Ketika masalah seperti diatas dialami oleh seorang akuntan, tentunya perusahaan tidak akan membayar mahal untuk akuntan yang tidak dapat diandalkan. Oleh karena itu, kesempurnaan ilmu dan kemampuan dalam akuntansi sangatlah diperlukan. Memahami sumber masalah dan mendapatkan solusi terbaik akan menjadi langkah awal untuk menjadi akuntan yang handal.

Kesulitan yang Sering Dihadapi Seorang Akuntan

Seorang akuntan sebuah perusahaan, terutama mereka yang notabene seorang lulusan perguruan tinggi mestinya memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menyusun laporan keuangan perusahaan dan berbagai pekerjaan lainnya. Akan tetapi, mereka yang lulus S1 justru sering kali tidak dapat bekerja dengan baik sehingga perusahaan membutuhkan jasa seorang akuntan profesional.

Berbagai permasalahan bisa saja dialami oleh akuntan-akuntan tersebut, seperti;

  • Tidak bisa menerapkan akuntansi secara tepat untuk setiap akun.
  • Kesulitan dalam membuat laporan keuangan pada jenis perusahaan tertentu.
  • Tidak memahami cara memperlakukan akuntansi pajak.
  • Tidak paham ilmu akuntansi secara spesifik seperti deferral dan accrural.
  • Tidak memahami akuntansi biaya
  • Tidak bisa membuat link antara satu laporan keuangan dan lainnya.
  • Tidak bisa membuat rekonsiliasi bank dan bahkan membuat jurnal.

Kesulitan yang dihadapi akuntan tersebut membuat perusahaan harus mencari akuntan professional untuk mendapatkan jasanya dalam menyusun laporan keuangan dan pekerjaan akuntansi lainnya. Sebaliknya, akuntan yang tidak memiliki skill yang baik tentunya tidak akan memperoleh gaji yang cukup besar. Untuk itu, setiap akuntan haruslah memiliki ilmu dan keahlian yang baik dalam bidang akuntansi. Dunia kerja yang nyata merupakan tempat belajar yang paling baik karena pengalaman-pengalaman yang dihadapi dalam menyelesaikan semua masalah. Dengan menyelesaikan setiap masalah dengan baik, maka keahlian mereka di bidang akuntansi juga akan semakin bertambah.

Mengapa Akuntan Menghadapi Masalah Ini?

Jika seorang akuntan perusahaan menghadapi masalah seperti yang disebutkan diatas, maka ilmu yang dimilikinya perlu dipertanyakan. Para akuntan profesional menganggap bahwa pendidikan di tingkat perguruan tinggi juga memiliki peran besar atas ketidakmampuan akuntan tersebut. Hal ini karena tidak relevannya pelajaran yang diberikan selama kuliah dengan apa yang mereka hadapi di dunia nyata. Memang daya serap setiap mahasiswa berbeda, namun bagaimana mereka mendapatkan ilmu juga merupakan faktor yang sangat menentukan.

Sebagian mahasiswa hanya diajarkan akuntansi sebatas di permukaan saja. Dosen hanya mengajarkan hal-hal yang lumrah dan mudah saja tanpa mengupas hingga ke bagian detil yang nantinya justru akan menjadi perkerjaan akuntan di dunia kerja sesungguhnya. Nyatanya, para pengajar hanya mengejar target bahan ajar dalam kurikulum, tidak peduli dengan seberapa jauh mahasiswa menguasai ilmu yang mereka pelajari. Ketika memasuki dunia kerja, para calon akuntan tersebut akan mendapati bahwa apa yang mereka pelajari sangat berbeda dengan apa yang mereka harus kerjakan. Bahkan, ada beberapa mata kuliah yang sama sekali tidak digunakan di dunia kerja.

Seperti yang telah disebutkan di atas, dunia kerja merupakan tempat yang paling tepat untuk mendapatkan ilmu yang paling lengkap termasuk akuntansi. Dengan bekerja, Anda akan menghadapi kesulitan-kesulitan yang harus dicari penyelesaiannya. Ketika kesulitan tersebut dapat diatasi dengan baik dan benar, maka Anda akan mendapatkan ilmu baru yang sangat berharga. Bila Anda tidak bisa mengatasi kesulitan dalam pekerjaan akuntan Anda, mengikuti kursus akuntansi pada para profesional juga merupakan cara yang brilian. Kursus ini akan mengajarkan Anda berbagai strategi jitu dalam menyelesaikan pekerjaan dan menghadapi kesulitan seperti apa yang para profesional lakukan.

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

bb 0818 100 813
email amz.kelas@gmail.com

Kursus Online
Blog
 
Copyright © 2015-2019 Kursus Akuntansi All Rights Reserved