Artikel

Bagaimana Cara Menyewa Akuntan Terbaik untuk Bisnis?
Admin - Senin, 28 Agustus 2017

Zaman sekarang, aplikasi akuntansi online dengan basis cloud sudah bisa ditemukan di pasaran. Namun, apakah dengan alat itu saja masalah keuangan dan pajak di sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar? Ibarat kamera, apakah dengan kamera terbaik lantas foto yang dihasilkan akan langsung sempurna? Tentu saja tidak, Anda masih butuh fotografer yang handal.

Hal senada juga terjadi pada dunia bisnis, Anda masih tetap membutuhkan akuntan yang andal untuk menjalankan aplikasi dan keperluan keuangan lain. Untuk itu, sewalah akuntan terbaik dengan kriteria di bawah ini.

1. Kemampuan

Akuntan yang andal biasanya memiliki empat kemampuan dasar yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pertama adalah nasihat atau saran untuk bisnis. Dengan kejelian melihat peluang, akuntan bisa digunakan untuk landasan membuat kebijakan baru. Selanjutnya nasihat terkait pajak agar perusahaan tidak bermasalah dengan lembaga pajak di Tanah Air.

Selanjutnya adalah kemampuan akuntansi dan mencatat segala aktivitas keuangan. Akuntan yang kredibel biasanya memiliki kemampuan membuat catatan dengan sempurna. Terakhir adalah audit, dengan kemampuan ini, akuntan bisa tahu mana saja yang salah dari anggaran dan memberikan saran atau solusi.

2. Layanan yang Diberikan

Kriteria kedua yang harus dipertimbangkan ketika menyewa akuntan adalah layanan yang diberikan. Sebagian besar akuntan di Indonesia selalu menawarkan jasa audit dan pajak untuk perusahaan. Dua hal itu banyak dicari oleh perusahaan besar agar aktivitas keuangannya berjalan lancar.

Selain dua layanan itu, Anda harus mempertimbangkan layanan lain seperti jasa konsultasi terkait dengan pengaturan keuangan, pembukuan yang rumit, penghitungan dana pensiun atau pesangon, dan masalah lain yang membuat Anda butuh banyak waktu jika mengerjakan  hal ini sendirian saja.

3. Kantor Asal Akuntan

Kredibilitas seorang akuntan bisa dilihat dari sepak terjangnya dalam mengatasi permasalahan keuangan dari sebuah perusahaan. Anda bisa memilih akuntan yang memiliki banyak pengalaman atau berasal dari kantor akuntan tepercaya yang namanya cukup dikenal baik.

Jangan asal menyewa akuntan hanya karena tarif jasanya murah. Seperti layaknya bisnis, menyewa akuntan sama halnya dengan melakukan investasi. Kalau investasinya baik maka keuntunganlah yang akan didapatkan. Namun, kalau sejak awal sudah buruk, kemungkinan mendapatkan untung tentu akan semakin kecil.

4. Kecocokan

Katakanlah akuntan yang Anda sewa mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Namun, dia memiliki beberapa sifat yang tidak Anda sukai. Selain itu, komunikasi antara dia dan Anda tidak bisa berjalan dengan lancar. Akibatnya ada beberapa hal yang sudah dikomunikasikan dengan baik.

Untuk itu, carilah akuntan yang cocok dengan Anda atau keinginan perusahaan. Misal mudah dikontak dan enak diajak diskusi terkait banyak hal.

Inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih akuntan terbaik untuk perusahaan. Semoga bisa diterapkan.

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

telp 0852 1338 0682
bb 0852 1338 0682
bb 5E9BB838
email amz.kelas@gmail.com

daftar online

testimoni peserta

Artikel Update
Sign Up for Newsletter



 
Copyright © 2015-2017 Kursus Akuntansi All Rights Reserved