Artikel

4 Peluang Karir Menjanjikan untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi
Admin - Selasa, 31 Oktober 2017

Meski terkesan mainstream, kuliah di jurusan akuntansi tetap memberikan prospek kerja yang bagus. Mau berkarir independen ataupun di perusahaan baik dalam maupun luar negeri juga sama menjanjikannya. Lagipula, instansi mana yang tidak membutuhkan ilmu akuntansi? 

Karena itu, Anda yang tengah menempuh pendidikan akuntansi tidak perlu bingung untuk urusan pekerjaan. Sebagai nyawa administrasi sebuah perusahaan, keberadaan orang-orang profesional di bidang akuntansi akan selalu dibutuhkan. Anda pun pun bisa memilih jenis profesi yang diminati seperti beberapa opsi berikut ini.

1. Akuntan

Profesi lulusan akuntansi yang satu ini memang sangat fundamental keberadaannya dalam perusahaan mana pun. Bahkan, menjadi seorang akuntan merupakan prestise tersendiri baik di Indonesia maupun negara-negara maju seperti Amerika Serikat.

ο Akuntan Publik

Untuk menjadi seorang akuntan publik, Anda harus telah mengantongi izin dari Menteri Keuangan dan menjadi anggota IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia). Selain itu, Anda juga perlu memiliki CPA (Certified Public Accountant). Adapun jasa seorang akuntan publik terbuka bagi masyarakat dengan meliputi dua bagian, yakni jasa atestasi dan jasa nonatestasi.

ο Akuntan Intern

Menjadi seorang akuntan intern (disebut juga akuntan privat) berarti melakukan tugas-tugas seorang akuntan di lingkungan organisasi atau instansi tertentu. Adapun jabatan structural yang dapat diduduki oleh seorang akuntan intern mulai dari staf hingga jajaran direksi.

ο Akuntan Pemerintah

Profesi akuntan yang satu ini terlibat dalam tugas-tugas pemerintahan. Seorang akuntan pemerintah bertugas untuk meyusun atau mengaudit laporan keuangan pemerintahan. Dalam menjalankan fungsinya pun, ada standar khusus yang harus digunakan yakni AAP (Ahli Akuntan Pemerintahan) yang diselenggarakan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia).

ο Akuntan Pendidik

Sesuai namanya, akuntan pendidik merupakan seorang profesional bidang akuntansi yang mendedikasikan dirinya sebagai tenaga pendidik. Umumnya, akuntan pendidik menjadi seorang dosen atau guru. Namun di samping dua pekerjaan ini, akuntan pendidik juga dapat menjadi seorang konsultan, pemateri, atau bahkan bekerja dalam penelitian terkait.

2. Auditor

Selain akuntan, menjadi seorang auditor juga menjadi impian cukup banyak lulusan akuntansi. Auditor memiliki peran yang sangat penting untuk menjamin kestabilan bisnis sebuah perusahaan. Pasalnya, auditor ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan mengenai hal-hal yang telah dilakukan perusahaan apakah sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan atau justru menyimpang.

Ada dua jenis profesi auditor, yakni internal dan eksternal. Prinsip kerja keduanya sebenarnya tidak jauh berbeda, yaitu mengecek laporan keuangan sebuah perusahaan dan mencocokkannya dengan data-data yang sebenarnya. Bedanya, auditor internal berasal dari dalam perusahaan itu sendiri, sementara auditor eksternal merupakan seorang profesional pihak ketiga yang berada di bawah naungan organisasi yang berwenang.

3. Konsultan

Seperti bidang yang lainnya, akutansi pun membuka peluang bagi para profesionalnya untuk menjadi konsultan. Umumnya, profesi ini digeluti oleh para individu yang sudah cukup berpengalaman dalam bidang akuntansi. Kendati demikian, usia bukan menjadi hambatan untuk meniti karir ini selama telah mendapat sertifikat.

Salah satu jenis konsultan dalam bidang akuntansi yang cukup menjanjikan adalah Konsultan Pajak. Apalagi dengan semakin maraknya pemerintah menggalakkan kewajiban membayar pajak bagi wajib pajak, profesi ini memiliki prospek yang cerah. Adapun cakupan pekerjaannya antara lain jasa konsultasi pajak, perencanaan pajak, jasa pendampingan pajak, dan lain-lain.

4. Analis Keuangan

Tidak hanya institusi besar, seorang analis keuangan juga banyak dibutuhkan oleh per individu. Untuk mencapai karir prestisius ini, perjalanannya pun tidak sebentar. Setelah menyelesaikan studi jenjang sarjana Anda memerlukan sertifikasi CFA (Ceritified Financial Analyst). Adapun syarat dapat mengikuti sertifikasi ini ialah telah berpengalaman selama setidaknya empat tahun di bidang analisis keuangan dan investasi.

Meski terlihat sederhana, pekerjaan analis keuangan sangat penuh perhatian, ketelitian, dan pertimbangan yang tepat. Seorang analis keuangan akan menerjemahkan informasi keuangan untuk dijadikan dasar pertimbangan pengambilan keputusan bisnis.

Itulah empat peluang karir seorang lulusan akuntansi yang paling banyak diburu karena memiliki prestise dan berpenghasilan relatif tinggi. Nah, adakah yang menjadi cita-cita Anda?

Baca Juga
Hubungi Kami

  PT AMZ Wira Indonesia

telp 0852 1338 0682
bb 0852 1338 0682
bb 5E9BB838
email amz.kelas@gmail.com

daftar online

testimoni peserta

Artikel Update
Sign Up for Newsletter



 
Copyright © 2015-2017 Kursus Akuntansi All Rights Reserved